Yang Perlu Ibu Hamil Lakukan Ketika Alami Tulang Keropos

Kehamilan terkait osteporosis atau tulang keropos diyakni kondisi langka yang biasanya ditemukan pada trimeter ketiga kehamilan atau setelah melahirkan. Ini biasanya terjadi pada kehamilan pertama seorang wanita yang bersifat sementara dan tidak akan terjadi lagi. Wanita yang terkena biasanya mengeluh sakit punggung, mengalami kerugian tinggi dan memiliki patah tulang belakang.

nyeri-punggung-saat-hamil

Secara teori, tulang keropos yang dialami oleh ibu hamil diyakini akibat menurunnya simpanan kalsium dalam tubuh. Di samping itu, pada wanita hamil ada peningkatan pengeluaran kalsium melalui urin. Pada ibu hamil ada mekanisme tubuh untuk mempertahankan kadar kalsium.

Seperti yang telah saya katakan tadi bahwa tulang keropos pada ibu hamil bersifat sementara dan tidak akan terjadi lagi. Namun, dengan gejala yang ditimbulkan tentu akan sangat mengganggu kenyaman ibu hamil. Maka dari itu, ibu hamil perlu mengetahui hal-hala apa saja yang harus dilakukan untuk menagatasi tulang keropos tersebit. Dan dibawah ini ada beberapa hal yang perlu ibu hamil lakukan ketika mengalami tulang keropos.

  1. Tetap tenang, karena tulang keropos yang di alami oleh wanita hamil itu normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Seiring waktu, kepadatan tulang yang sebelumnya keropos akan kembali normal dan padat kembali.
  2. Penuhi kebutuhan kalsium dengan mengkonsumsi susu tinggi kalsium. Untuk ibu hamil yang mencapai usia kehamilan 6-9 bulan, maka tingkat kalsium yang dibuthkan adalah 1000 mg/hari. Sedangkan untuk ibu hamil yang dikehamilan pertamanya, yang notabenenya masih bermasa dengan pertumbuhan janin, maka asupan kalsium yang dibutuhkan adalah 1300 mg/hari.
  3. Penuhi kebutuhan vitamin D dengan mengkonsumsu ikan salmon. Karena vitamin D sangat dibutuhkan dalma penyerapan kalsium sehingga dapat memberikan manfaat dengan optimal.
  4. Konsumsi sayuran hiju karena sayuran hijau mengandung bitamin dan mineral penting untuk mengatasi dan menjaga kesehatan tulang. Beberapa sayuran hijau yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi dan mencegah tulang keropos yaitu bayam, brokoli dan sawi hijau.
  5. Hindari aktivitas yang berlebihan seperti mengangkat barang-barang. Selain itu, berdiri dan berjalan terlalu lama pun tidak dianjurkan ketika ibu hamil sedang mengalami tulang keropos.
  6. Berjemur dibawah sinar matahari pagi memang bukanlah jenis makanan, akan tetapi menyediakan vitamin D yang berguna untuk menyerap kalsium dari makanan. Matahri adalah sumber vitamin D yang paling mudah dan murah.
  7. Konsumsi buah-buahan seperti jeruk stroberi dan jambu menyediakan vitamin C yang juga dapat memperkuta tulang. Jangan lupa untuk memilih buah yang segar.
  8. Batasi konsumsi garam karena konsumsi natrium yangberlebihan baik yang berasal dari garam dapur maupun monosodium glutamat (MSG) dapat berdampak buruk terhadap kesehatan termasuk tulang.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan oleh ibu hami ketika alami tulang keropos. Jika ibu hamil melakukan ha-hal seperti diatas, maka tulang keropos yang anda alami akan seger sembuh dan tak akan muncul lagi.

 

One thought on “Yang Perlu Ibu Hamil Lakukan Ketika Alami Tulang Keropos

  1. Jika tidak ditangani, kondisi tersebut berisiko berkembang menjadi preeklamsia, yaitu suatu keadaan yang bisa mengganggu perkembangan bayi dalam kandungan dan proses melahirkan sang ibu. Segera hubungi dokter jika sakit kepala saat hamil belum mereda atau bertambah parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *