Inilah Alasan Kenapa Rokok Tak Baik untuk Tulang

Hampir setiap perokok pada dasaranya sudah mengetahui beberapa bahaya yang bisa disebabkan oleh rokok. Beberapa bahaya yang sudah tertera mulai dari penyakit jantung hingga disebutkan juga dapat menyebabkan kematian tetap tidak membuat para perokok takut dan menggubrisnya. Bahkan riset telah membuktikan bahwa para perokok ini cenderung menyepelekan akibat-akibat yang bisa ditimbulkan dari merokok.

Dampak buruk dari merokok tidak hanya menyebabkan penyakit jantung, namun juga akan berdampak untuk kesehatan. Namun sebelum mengetahui dampak rokok terhadap kesehatan, mari kita ketahui terlebih dahulu kandungan-kandungan berbahya yang terdapat dalam rokok.

Inilah Alasan Kenapa Rokok Tak Baik untuk TulangLebih dari 4000 bahan kimia terdapat didalam rokok. Ratusan diantanya zat beracun dan sekitar 70 bahan didalamnya bersifat kanker. Bahan-bahan berbahaya yang terkandung dalam sebatang rokok diantaranya karbon monoksida (Zat ini bisa mengikat diri pada hemoglobin dalam darah secara permanen sehingga menghalangi penyediaan oksigen ke tubuh dan akhirnya menyebakan pecandu rokok mudah lelah), Tar (zat ini akan mengendapat di paru-paru), Gas oksidan (meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung), Benzena (bisa merusaka sel pada tingakat genetik).

Itulah kandungna-kandungan berbahaya yang terdapat pada sebatang rokok. Bisa anda bayangkan, satu batang saja mengandung bahan-bahan yang sangat berbahaya bagaimana banyak tentu itu sangt tidak baik untuk kesehatan. Dan berikut ini beberapa bahaya rokok untuk kesehatan :

  1. Darah tinggi.
  2. Asam lambung.
  3. Kambuhnya asma.
  4. Penyakit diabetes.
  5. Menyebabkan bau mulut.
  6. Susah memiliki keturunan.
  7. Menyebabkan radang sendi.
  8. Merusak kesehatan tulang dan gigi.

Jadi bahaya dari rokok tidak hanya menyebabkan penyakit jantung , tapi akan menyebabkan masalah kesehatan lainnya seperti merusak kesehatan tulang. Mengapa ? Karena rokok mengandung nikotin dan berbagai racun lainnya yang daoat mempenagruhi kesehatan tulang. Merokok dapat meningkatkan radikal bebas (suatu molekul yang menyerang dan membunuh sel-sel pertahan tubuh anda). Hal ini dapat menyebabkan suatu rekais kerusakan beruntun di dalam tubuh anda, termasuk berbagai sel, organ, dan hormon yang berpengaruh dalam menjaga kesehatan tulang anda.

Racun yang terdapat di dalam rokok dapat mempengaruhi keseimbangan hormon (estrogen) yang diperlukan oleh tulang agar tetap kuat. Merokok membuta hati menghasilkan lebih banyak enzim penghancur hormon yang pada akhirnya dapat menyebabkan penipisan tulang terutama saat anda memasuki masa menopuase. Selain itu pecandu rokok akan rentan mengalami nyeri punggung dibandingkan dengan non-perokok. Rokok juga dapat memperlambat kesembuhan setelah patah tulang dan menghambat fungsi estrogen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *